}

Wireless Adapter Untuk Streaming dari Computer ke TV



Di masa lalu kita mungkin tidak pernah berfikir bisa melihat apa yang ada di layar computer kita yang hanya 11 inchi lebarnya untuk bisa dilihat di TV layar lebar kita tanpa harus menggunakan kabel. Dengan bantuan kabel mungkin bisa kita menghubungkan computer kita dengan jarak yang terbatas dan tentunya ribet yang pasti. Nah sekarang kita tidak sulit-sulit untuk streaming dari computer kita agar bisa ditonton rame-rame lewat layar lebar TV high definition. Apalagi jika kita mempunyai jaringan komputer dirumah dengan koneksi internet, maka browsing internet, online gaming dari komputer dengan layar yang sempit bisa di streaming ke layar lebar TV kita.

Disamping streaming dari computer untuk dilihat di layar lebar TV , kita juga bisa streaming langusng dari internet ke HDTV secara wireless jika kita mempunyai jaringan Wi-Fi di rumah dengan koneksi internet.

Apa yang kita perlukan? Jika hanya untuk streaming dari komputer ke TV, maka kita perlu streaming adapter saja. Jika sekaligus bisa koneksi ke internet, maka kita perlukan jaringan komputer dengan koneksi internet. Opsi yang tersedia antara lain:

Intel WiDi

Beberapa produk Laptop terbaru sudah dilengkapi dengan Intel WiDi (perhatikan laptop yang mempunyai logo Intel WiDi) dimana kita bisa menonton tampilan yang ada di layar laptop untuk ditampilkan ke layar lebar HDTV tanpa kabel. Tentunya TV harus dilengkapi penangkap sinyal WiDi sehingga bisa ditampilkan secara wireless di TV.

Ada beberapa adapter wireless yang bisa streaming dari laptop yang mendukung Intel WiDi diantaranya dari Belkin dan Netgear. Belkin F7D4501 Intel WiDi wireless display adapter streaming video dengan resolusi sampai 1080p High Definition. Dengan Belkin WiDi kita bisa menikmati film-film Blu-Ray, internet video, gallery photo online dan web site pada layar lebar HDTV.

D-link juga mengeluarkan produk yang sama yaitu D-link DHD-131. Kita bisa menggeret tontonan filem dilayar laptop ke layar windows extensi dan memungkinkan kita nonton lewat TV lebar dan pada saat yang sama kita bisa meneruskan kerja dengan laptop kita, cool yach …?

Streaming PC ke TV


Click for spec details
Bagaimana dengan desktop computer yang tidak mempunyai dukungan chip Intel WiDi (lihat jika ada logo Intel WiDi)? Tentunya kita tidak bisa menggunakan Wireless Intel WiDi adapter, kita bisa menggunakan universal Push2TV wireless adapter dari Netgear – PTVU1000 Universal Push2TV HD adapter.

Tidak seperti pada laptop dengan Intel WiDi yang hanya memerlukan Intel WiDi adapter di TV, Push2TV wireless PC to TV adapter bersifat universal – bisa bekerja pada semua PC karena ada dua adapter yaitu satu adapter disisi PC/Laptop dengan koneksi USB dan satu lagi adapter TV dengan koneksi HDMI ke TV.

Sama seperti Intel WiDi adapter, Push2TV adapter juga bisa streaming dengan resolusi sampai 1080p HD. Untuk bisa streaming online lewat PC tentunya kedua sisi antara PC ke jaringan komputer dan koneksi Internet juga harus mempunyai performa yang bagus. Kalau performa internet nya lemot maka performa streaming juga lemot. Disamping itu router anda juga harus performa bagus untuk streaming. Ada banyak router yang khusus di desaign untuk HD media streaming missal D-Link DIR-645 whole home router atau yang paling gress adalah D-Link Dir-857 N900 dengan port USB 3.0.

Bagaimana kalau mau streaming langsung dari internet ke layar HDTV kita tanpa harus melewati computer? Banyak produk streaming adapter di pasaran sebut saja Roku XDS, Netgear NeoTV 550, D-Link Boxee dan Apple TV. Semuanya bisa melakukan streaming langsung dari Internet ke layar HDTV anda melalui jaringan komputer dengan koneksi Internet di rumah anda.